Jumat, 15 Juli 2016

Kesempatan

Setiap hari baru yang kita jalani adalah kesempatan. Disadari atau tidak, di masa lalu, mungkin banyak detik yang tidak kita gunakan dengan baik. Padahal seharusnya setiap detik kita berakhir baik. Sampailah pada detik ini, ketika pun saya menuliskan catatan ini entah pada detik ke berapa memulai,  dan sampai detik ini masih bisa melanjutkan, itu adalah sebuah kesempatan. Kesempatan untuk memperbaiki yang telah lalu, kesempatan untuk sesuatu yang baru.

Dalam beberapa waktu, saya menemukan tentang penyesalan yang datang belakangan. Baik itu dari diri pribadi maupun yang saya dapati dari orang lain. Mereka yang bercerita tentang lukanya di masa lalu, ataupun penyesalan yang berkepanjangan karena telah menggoreskan sesuatu. Pun pada diri sendiri, selalu ada penyesalan atas segala sesuatu. Wajarlah, manusia selalu mengejar sempurna, sesekali lupa bahwa ada yang Maha.

Malam ini saya hanya ingin menulis singkat saja. Bahwa hari baru yang kita dapati adalah sebuah kesempatan. Setiap orang pasti punya masa lalu, tetapi ia juga punya masa depan. Biarlah yang lalu menjadi sejarah, dan yang akan datang menjadi sebuah kenyataan yang kita upayakan dari mimpi dan obsesi kita. Baik itu yang berkaitan dengan perbaikan masa lalu, ataupun visi hidup selanjutnya. Tuhan akan selalu membersamai hamba-Nya yang sabar dan percaya, menjadi tangguh berusaha tak mengeluh.

Yogyakarta, 15 Juli 2016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar